Friday, July 17, 2020

Cara Membubut Rata

Setelah kita mengerti cara mengasah pahat bubut pada artikel sebelumnya, sekarang kita akan mencoba untuk melakukan pembubutan rata. Proses pembubutan rata atau lurus adalah pengerjaan benda kerja yang dilakukan searah dengan garis sumbu benda kerja. Pembubutan rata ini dilakukan untuk mendapatkan ukuran panjang dan diameter yang akan dituju. Pahat yang digunakan pada umumnya adalah pahat rata kanan. Dengan arah pemakanan kekiri seperti pada gambar dibawah. 

achmadarifin.com
achmadarifin.com
Pada awal pembubutan lurus pastikan mengetahui diameter awal  benda kerja, ini untuk mempermudah menentukan tebal penyayatan pada setiap langkah penyayatannya.

Prosedur dalam proses pembubutan rata yang perlu diperhatikan:
1. Gunakan pahat yang sesuai untuk pembubutan rata, atur ujung sisi sayat setinggi senter benda kerja. Hal ini agar hasil pembubutan yang baik dan aman dalam proses pembubutan.

2. Benda kerja harus dicekam dengan baik dan benar, pastikan kuat dan tidak oleng atau posisi senter. 

3. Pada saat penyayatan benda kerja gunakan feeding dan kedalaman pemakanan yang sesuai. Perhatikan material benda kerja dan pahat serta hasil pembubutan yang dikehendaki. Waktu pengerjaan juga menjadi pertimbangan dalam proses ini, untuk menghemat waktu bisa diawali dengan penyayatan kasar, dengan kedalaman pemakanan yang besar, setelah mendekati ukuran bisa dilanjutkan dengan finishing dengan menggunakan feeding (kecepatan pemakanan) dan kedalaman yang sangat kecil gar diperoleh kualitas permukaan benda kerja yang baik.

4. Agar proses cepat, gunakan skala pengukuran pada eretan untuk melakukan langkah penyayatan. Hal ini baik dilakukan agar mengurangi pemakaian jangka sorong untuk melakukan pengukuran berulang.

5. Usahakan dalam proses penyayatan, selalu gunakan mode otomatis agar feeding yang digunakan dapat konsisten dan dapat meringankan pekerjaan operator.

Untuk video proses pembubutan rata akan saya upload segera..



No comments :