Wednesday, July 8, 2020

Cara Mengasah Pahat Bubut | keterampilan dasar operator mesin bubut

Halo Sobat, semoga dalam keadaan sehat, kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengasah  pahat bubut. Dalam proses bubut, ada yang harus kita persiapkan terlebih dahulu yaitu pahat bubut. Pahat bubut ini digunakan untuk menyayat benda kerja yang kita kerjakan, ada berbagai macam bahan pahat bubut diantaranya HSS ( High Speed Steels), Carbide, Keramik, Intan dan lainnya. Dari segi bentuk ada bermacam pula, ini penggunaannya disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilakukan, seperti pahat rata, pahat ulir, pahat alur dll..
Mengasah pahat bubut tentu harus kita kuasai untuk menjadi operator mesin bubut yang handal. Perlu diketahui bahwa mengasah pahat bubut ini  membutuhkan ketelitian dan skil tersendiri makanya ada yang menyebut bahwa teknik mengasah pahat juga bagian dari seni dalam dunia teknik.

Contoh hasil pengasahan

Pada ulasan kali ini akan kita praktekan cara mengasah pahat bubut HSS. Pahat ini banyak digunakan oleh teknisi bengkel dan juga untuk pembelajaran siswa teknik. Pahat HSS ini mudah didapatkan di toko teknik dan juga banyak dijual secara online di marketplace. 

Pahat bubut HSS ini dijual dalam bentuk awal yang belum bisa digunakan, untuk itu harus kita asah terlebih dahulu untuk membuat sisi potongnya. Ukuran yang ada dipasaran biasanya dengan penampang 5/16", 3/8 ", 1/2" , serta panjang 2", 4",6" dst.


Pada kali ini, kita akan membuat pahat bubut muka kanan, 
cara mengasahnya adalah seperti berikut ini:

1. Menggerinda bagian depan ( sudut bebas muka) (10-13)
2. Menggerinda sisi kiri (sudut potong) (12-15), (8-10)
3. Menggerinda sisi atas (sudut tatal) (12-20)
4. Membuat radius bagian ujung potong 

1. Pertama akan kita lakukan proses penggerindaan pada bagian depan atau muka dari pahat HSS ini. Ini untuk membuat sudut pembebas, ini agar memudahkan posisi pahat saat pemakanan tidak bersentuhan dengan benda kerja.

Penggerindaan sisi depan

Pada proses penggerindaan jangan menggunakan sarung tangan, agar dapat merasakan panas dari pahat, siapkan air pendingin, ketika pahat mulai panas segera celupkan ke pendingin ini untuk menjaga agar pahat tidak terlampau panas yang bisa merubah struktur pada pahat bubut.

2. Selanjutnya akan kita lakukan penggerindaan pada sisi potongnya, pada sisi ini akan kita buat sudut sekitar 8 derajat dari arah depan dan 12 derajat dari sisi atas. Pada proses penggerindaan pastikan hasilnya termakan sempurna tiap sisi. 

Penggerindaan sisi potong

3. Yang ketiga akan kita lakukan proses penggerindaan pada sudut pembuangan tatal sisi atas. Kita buat sudut sekitar 12-20 derajat, lakukan perlahan jangan sampai pertemuan dengan sisi potong termakan terlalu dalam yang nanti bisa mengurangi ketinggian pahat terlalu banyak.

Penggerindaan sisi atas

4. Yang terakhir adalah proses penggerindaan untuk membuat radius pada ujung potong. Ini dilakukan agar pahat bubut lebih tahan lama dan hasil pembubutan bisa lebih halus. Dengan dibuat radius kedalamam pemakanan bisa lebih dalam. 

Pembuatan radius

Bentuk pahat yang kita buat ini adalah yang paling umum digunakan. Pada kondisi penggunaan untuk material tertentu seperti kuningan, tembaga dan lainnya ada sedikit perbedaan pada sudut potong, sudut bebas  dan sudut tatalnya. 

Semoga bermanfaat bagi temen-temen penggiat mekanik bubut. selamat berbagi dan salam sehat selalu. 

Ikuti terus perjalanan blog ini, dan subscribe channel YouTube kami Sob..

Video proses mengasah pahat




1 comment :

ashley said...
This comment has been removed by a blog administrator.