Tuesday, December 24, 2019

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Paving Block

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Paving Block
Penggunaan Paving Block untuk lantai saat ini cukup banyak digunakan, selain digunakan untuk pembangunan jalan lingkungan, paving block biasanya digunakan juga untuk penataan halaman rumah, sekolahan, kantor, alun-alun, bengkel dan lainnya. Keuntungan dalam penggunaan paving block diantaranya jalan tidak licin, cepat dalam pengerjaan, bisa langsung dipakai, mudah untuk dibongkar kembali dan masih ada jalan air untuk penyerapan ke tanah.




Model paving block pun ada berbagai macam bentuknya. Variasi warna, tekstur dan corak permukaan serta ukurannya pun juga beragam. Dari segi ketebalannya, umumnya dipasarkan paving block dengan ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm.
Variasi Model Paving Block

Cara menghitung kebutuhan Paving Block

Langkah awal menghitung kebutuhan paving block adalah harus kita ketahui dulu berapa luas area yang akan kita pasang paving block.

Sebagai contoh,  kita akan memasang paving block kotak persegi panjang ukuran 10 x 20 x 6 cm untuk garasi dengan panjang 5 meter dan lebar 3 meter. Maka, perhitungan jumlah kebutuhan paving block adalah:

Luas garasi : 5 m x 3 m = 15 m2

selanjutnya, kita kalikan dengan harga paving block per meter persegi, misalnya Rp. 55.000,- per m2.
Jadi, total biaya pembelian paving block nya adalah : Rp. 55.000,- x 15 m2 = Rp. 825.000,-

Harga tersebut belum termasuk pasir dan biaya pemasangannya loh, nah untuk pemasangan harganya cukup bervariasi tergantung model pemasangan dan tukangnya sob. Biasanya harga sekitaran Rp. 20.000,- hingga Rp. 30.000,- per meter perseginya. Misalkan kita anggap harga tertinggi pemasangan sudah termasuk biaa pasir, dapat kita hitung biaya yang harus kita siapkan sekitar:

Rp. 30.000,- x 15 m2 = Rp. 450.000,-

Jadi total yang harus kita keluarkan untuk pemasangan paving block pada garasi dengan luas 15 m2:

Jumlah Biaya = Biaya Paving block + Biaya pemasangan
Jumlah Biaya = Rp. 825.000,- + Rp. 450.000,- = Rp. 1.275.000,-

Cukup mudah kan Sob, untuk teknik pemasangan bisa kalian lihat pada video dibawah ini..



Cara Pemasangan Paving Block

Menghitung Biaya Paving Block mudah

No comments :