Monday, December 23, 2019

Mari Mengenal Autodesk Fusion 360


Tampilan Fusion 360
Perkembangan software desain kini semakin maju, salah satunya Autodesk mengeluarkan produk Fusion 360. Fusion 360 adalah cloud-based CAD/CAM tool untuk keperluan collaborative product development. Dimana pada era berkembangnya sistem informasi yang cepat maka dibutuhkan tools yang dapat mengakomodir kebutuhan para desainer dalam melakukan kolaborasi desain mereka. Fusion 360 mengkombinasikan pemodelan organik dengan solid modeling yang presisi secara cepat dan mudah diterapkan, serta membuat desain memungkinkan untuk dapat diproduksi. Rendering dan gambar teknik yang terdapat dalam Fusion 360 memudahkan para pihak untuk berkomunikasi dalam desain produk sebelum produk tersebut dibuat, bahkan sistem CAM dalam Fusion360 dapat menghasilkan program CNC untuk mesin-mesin berkomputerisasi dalam membuat produk tersebut.

Mengirim data 3Dimensi langsung ke mesin 3D Printer dapat juga dilakukan sehingga desain yang dibuat dapat secara cepat terwujud dalam bentuk prototipe fisik. Data yang tersimpan dalam sistem Cloud memastikan para designer dapat mengakses secara mudah dimana saja dan kapanpun. Selain itu Autodesk Fusion 360 ini juga dilengkapi dengan kemampuan CAE dimana fungsi dari CAE adalah untuk melakukan analisa Engineering seperti Stress Analysis, Modal Frequency Analisys, Buckling Test, Thermal Analysis, dan lain sebagainya. Untuk melengkapi luaran dari desain yang telah dibuat di Fusion 360 tersedia pula fitur untuk membuat gambar kerja dari setiap part/assembly yang telah di desain.
Fitur Pada Autodesk Fusion 360

Membuat Autodesk ID

Pada saat pertama kali mengaktifkan perangkat lunak Fusion 360 maka anda akan diminta untuk membuat Autodesk Account ID (pastikan anda terkoneksi dengan jaringan internet), untuk membuat account baru klik pada Create an Account, maka akan tampak tampilan pada layar seperti gambar dibawah ini:
Tampilan Login Autodesk

Isilah form tersebut diatas dengan benar lalu klik Create an Account. Maka selanjutnya anda telah siap untuk memulai menggunakan Fusion 360. Jika layar sign-in tidak muncul, maka pastikan anda ter-login secara otomatis dengan menggunakan account anda, jika tidak maka anda dapat melakukan sign-out pada account sekarang lalu lakukan sign-in dengan menggunakan account anda sendiri.
Tampilan Isian Create Account

Tampilan Antar Muka

Gambar dibawah ini merupakan tampilan antar muka dari Fusion 360, dengan memahami fungsi dari masing-masing perintah maka selanjutnya akan memudahkan untuk berinteraksi dengan tools dengan lancar.

Tampilan Fusion 360

1 Application bar : Akses pada Data Panel, file, save, undo dan redo.
2 Profile and help : Melakukan kontrol pada profil account, mengakses bantuan, melakukan seting preferences.
3 Toolbar  : Gunakan Toolbar untuk memilih workspace dan perintah yang akan digunakan terkait workspace.
4 ViewCube : Melakukan 3D Orbit dari model 3Dimensi atau melihat model dengan jenis pandangan standar seperti tampak atas, depan , samping dll.
5 Browser : Menampilkan objek desain anda, dapat pula melakukan modifikasi objek serta pengontrol jenis tampilan dari objek.
6 Canvas and marking menu Klik-kiri untuk memilih objek di layar. Klik-Kanan untuk melakukan akses pada marking menu. Marking menu berisi perintah yang sering diakses.
7 Timeline : Sederetan fitur yang digunakan untuk membangun objek. Klik-kanan untuk melakukan modifikasi dari fitur tersebut. Klik&Drag untuk mengatur urutan operasi dari fitur tersebut. 
8 Navigation bar and display settings Berisikan tentang perintah zoom, pan, dan orbit untuk  elakukan manipulasi objek. Penyetelan tampilan objek pada layar seperti : Wireframe, Shaded, haded with Edges, dll.

Sekian pembukaan tentang Fusion 360 lur, untuk tutorial akan sya posting di Youtube lur..

2 comments :

Warkop Speed said...

Mantep lur...
Kompi-ne ra perlu spek super
Tapi koneksi inet kudu kenceng + quota gede

Adhieswand said...

Ayo latihan meneh Sob..