Sunday, June 8, 2014

Air Terjun (Curug) Jurang Pulosari

Air Terjun Pulosari by Wijna
Penelusuran kali ini sampailah kita pada sebuah air terjun yang masih tersembunyi di Bantul dari perhatian orang. Warga sekitar lokasi menyebutnya dengan Jurang Pulosari, berada di dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul Yogyakarta. Perjalanan dari Sleman memakan waktu sekitar 50 menit, ya dikarenakan menghampiri penunjuk jalan dan mampir ngisi peyut ini gan.. :D.

So, Jalur perjalanan dari wilayah Jogja melewati Madukismo terus ke kanan atau ke barat sampai pertigaan beringin lapangan Kasihan, ambil arah ke kiri hingga sampai di perempatan Bangunjiwo atau kelurahan.dilanjutkan ambil jalur lurus hingga perempatan Goa Selarong, lurus agak menanjak hingga sampai di pertigaan lanjut kekiri terus susuri sampai ada perempatan petunjuk arah desa Krebet gan.. disini pemandangan begitu menawan banyak pembangunan perumahan baru muncul dan juga area persawahan yang indahnya bukan main. Bila terhenti karena bingung jalur menuju lokasi, baiknya nuntuk tanya agar cepat ketemu, karena memang minim penunjuk ke lokasi..

Kondisi jalan menuju lokasi yang terjal hanya bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda dua, kendaraann bus dipastikan tidak bisa menuju lokasi air terjun gan. Jurang Pulosari ini terletak diantara dua perbukitan yang masih cukup asri dan belum di eksploitasi secara maksimal. Kawasan jurang ini masih asri dengan udara yang sejuk, aura magis pun terasa di sekitaran aliran air.

Jurang Pulosari ini bila pada musim hujan volume air cukup besar dan akan nampak keindahan dari air terjun ini, namun bila musim kemarau seperti saat ini debit air kecil sehingga akan nampak keaslian benruk dari jurang tersebut tetapi aliran air tidak nampak indah sewaktu musim hujan.

Selain Air Terjun sebagai daya tariknya, disamping Curug ternyata adalah tempat petilasan dari Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX, sebuah gundukan batuan yang cukup besar dengan sebuah pohon yang tumbuh di sela batuan itu. Menurut informasi, di area Air Terjun Pulosari ini terkadang digunakan oleh orang untuk melakukan olah semedi atau bertapa..

oke, kiranya sebentar saja di tempat ini, cukup olah nafas sebentar dan dilanjutkan menuju Curug Banyunibo, tempat air terjun lain tak jauh dari lokasi ini setelah dikasih informasi oleh seorang anak kecil tadi gan..

2 comments :

Mawi Wijna said...

Besok datang kemari pas musim hujan Mas Bro. Dijamin terpuaskan, hehehe.

NONTON FILM ONLINE said...