Tuesday, February 18, 2020

Bagaimana Rekreasi Mempengaruhi Kesehatan Kita

Camping ceria
Setelah melakukan kegiatan di luar ruangan, kita akan merasa lebih baik. Para ahli kesehatan menekankan bahwa waktu yang dihabiskan untuk rekreasi di luar ruangan sebenarnya dapat menghasilkan berbagai manfaat. Akan muncul ikatan keluarga yang makin kuat dan penurunan tingkat obesitas. Terlepas dari apakah kita hanya ingin berjalan-jalan di sepanjang jalur alam atau mungkin mendaki gunung yang curam, ingatlah bahwa rekreasi di luar ruangan akan memberikan suasana pertumbuhan mental dan fisik.

Manfaat Terlibat Dalam Kegiatan Di Luar Ruangan:

Fisik - Kita akan menikmati banyak manfaat kesehatan fisik bila kita secara teratur melakukan kegiatan di luar ruangan. Ini bisa mengurangi rasa sakit radang sendi, tekanan darah rendah, penurunan berat badan, dan risiko yang lebih rendah untuk berbagai penyakit seperti osteoporosis, kanker tertentu, dan diabetes. Jika kita melakukan olahraga berat  selama 75 menit  atau 150 menit olahraga ringan seperti jalan cepat dan bersepeda setiap minggu, risiko penyakit kronis akan berkurang dan berat badan yang sehat dapat dipertahankan.

“One’s destination is never a place, but a new way of seeing things”. Henry Miller

Intelektual - Terlibat dalam kegiatan rekreasi di alam dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri, meningkatkan kreativitas dan harga diri. Alam dapat membantu menenangkan dan meremajakan pikiran. Juga dapat meningkatkan energi positif dan memperluas pandangan. Sebaliknya, mereka yang tidak rileks dapat menyebabkan perasaan lekas marah, impulsif, kelelahan, dan kurang perhatian. Menghabiskan waktu di luar rumah juga dapat membantu kita lebih fokus. Pertimbangkan untuk berjalan-jalan di lingkungan alam sekitar kita sekarang.

“Life is either a daring adventure or nothing.” – Helen Keller
Sosial - Rekreasi luar ruangan juga dapat menawarkan kesempatan bagi kita untuk bersosialisasi, ini tentu manfaat yang sangat penting. Misalnya mengamati burung, adalah kegiatan yang menggabungkan banyak hal untuk dilakukan. Ini termasuk menafsirkan input pendengaran dan visual, mengobrol dengan para pengamat burung lainnya, dan berjalan. Denfan pergi keluar rumah kita bisa bertemu teman baru atau orang-orang dengan minat yang sama seperti kita.
We travel, some of us forever, to seek other places, other lives, other souls.” – Anais Nin
Emosional - Benar sekali bahwa kegiatan di luar ruangan dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi depresi, stres, dan kecemasan. Jika kita menghabiskan beberapa waktu berolahraga di taman,kita pasti dapat memiliki peningkatan suasana hati positif, bersama dengan penurunan kadar kortisol kita. Perlu kita ketahui bahwa kortisol adalah hormon yang dikeluarkan oleh tubuh jika merasa stres. Selain itu, kita mendapatkan peningkatan akses ke ruang hijau untuk berbagai kegiatan seperti berjalan dan kegiatan lain yang dapat menurunkan tingkat stres kita.
“Tourists don’t know where they ve been, travelers don’t know where they re going.” – Paul Theroux
Terlibat dalam berbagai aktivitas luar ruang seperti olahraga tidak hanya akan menyenangkan. Ini juga dapat membantu kita meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Jadi, jika kita punya waktu, pergi ke luar dan berjalan-jalan atau mungkin menjadi bagian dari tim olahraga. Banyak sekali club-club olah raga seperti bersepeda, surfing, mendaki gunung, fotografi, rafting dan lain-lain..

Melihat alam adalah caraku menikmati ciptaan Tuhan
Mengenalmu adalah tujuan hidup yang diberikan Tuhan


No comments :