Wednesday, November 7, 2018

Membuat mini box menggunakan proses 3D printing


Proses 3D printing adalah sebuah proses pembuatan benda tiga dimensi yang memiliki volume dan dapat dipegang di mana awal dari proses ini adalah pembuatan desain secara digital menggunakan bantuan software.


Untuk proses 3D printing sendiri dilakukan dengan perangkat lunak untuk suatu proses yang dinamakan slicing atau pengirisan model 3D yang sudah didesain menjadi beberapa lapisan, nah lapisan lapisan ini yang akan dikerjakan oleh mesin 3D printing.


Pada proses 3D printing ini kita gunakan material PLA atau Palactic Acid. PLA adalah suatu jenis polyester alifatik yang didapat dari asam laktat dari sumber yang terbarukan seperti gulam pati-patian, selulosa dan gliserin sisa biodiesel.

Setelah desain produk jadi, selanjutnya file gambar kita prosee menggunakan software 3D printing Cura, pada software ini dilakukan proses slicing lalu akan menghasilkan g-code agar bisa dibaca oleh mesin 3D printing.

Pengaturan yang dapat diatur di software Cura antara lain: Layer height, wall tickness, printing temperatur, diameter, print speed, travel speed, support.


No comments :