Monday, April 20, 2015

KKN: Program Membangkitkan Kepekaan Sosial Mahasiswa

Curug Karangtanjung
Sungguh luar biasa, taun ini saya bisa melaksanakan KKN, adalah merupakan program yang harus diambil sebagai syarat kelulusan kuliah Gan.. Pada KKN ini saya bersama delapan orang dari berbagai program studi di Universitas Janabadra Yogyakarta, diantaranya Teknik Sipil, Pertanian, Hukum sedangkan saya sendiri dari Teknik Mesin gan..

Kami tersatukan di kelompok VI dan ditugaskan untuk mengabdi di Dusun Karangtanjung, Desa Pandowoharjo Sleman, Yogyakarta.. Sebelumnya memaang di dusun ini sudah pernah ditempati KKN baik dari Janabadra maupun dari universitas lain.
Suasana di dusun ini begitu nyaman, dengan jalan yang sudah baik, lingkungan bersih dan tertata serta lahan pertanian yang eksotis menarik untuk dipandang.

Kunjungan pertama ke Dusun Karangtanjung begitu mengejutkan bagi saya, ternyata di daerah ini terdapat potensi wisata yang menarik, bagaimana tidak disini ada 2 sumber mata air yang begitu jernih dan besar dan oleh warga dimanfaatkan untuk pemandian serta kolam budidaya perikanan..
Sekedar perkenalan dengan pengurusss

Para penggerak dusun, sory kabor gambare lek, sing moto rodo grogi..
Dusun ini memang cukup luas, dengan dua wilayah Rukun Warga dan lima Rukun Tetangga, dengan jumlah keluarga per RT sekitar 30 KK..wow.. amazing... Dusun ini direncanakan nantinya akan menjadi Desa wisata oleh pihak kelurahan, setelah beberapa dusun di wilayah Pandowoharjo sudah menjadi wisata desa juga.. Event Jazz Yogyakarta NgayogJazz pun nantinya pada akhir taun ini akan diselenggarakan di Dusun Karangtanjung ini Gan.. istimewa kan.. Nah, dari agenda itu terbisik untuk membuat semacam souvenir yang mungkin nantinya bisa dijual warga pada acara istimewa tersebut..


Materi pertama buat mereka calon penerus bangsa..
Program kedua ku, pengenalan 5S untuk mereka.. 

ndawet sek
foto sek
kue puthu, manis sedap
ngopi dolo gan, gubux
machiatoz
dengan penuh seksama mendengarkan arahan

do ngopo iki
koncoku do nguli..
GoPro in action


2 comments :

triratnawidi.blogspot.com said...

halo mas adi,
terimakasih atas kunjungan KKN di dusun tercinta karangtanjung. moga gak kapok untuk datang lagi ya..hehee

Adhieswand said...

Halo Ka Triratna.. ingin sekali berkunjung ke situ kebetulan deket seh.. hehe salam hangat @adhieswand