Tuesday, October 30, 2012

Berkunjung ke Candi Sukuh


Peringatan Sumpah Pemuda kali ini begitu menarik bagi saya.. dengan ada event dari sebuah tim pembelajaran khusus. sebagai media belajar, refreshing, re-charge dan penyegaran .. lokasi terpilih adalah di Candi Sukuh, sebuah kompleks candi agama Hindu yang terletak secara administratif masuk wilayah kalurahan Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Eks. karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu dikarenakan ditemukannya objek pujaan Lingga dan Yoni.. candi ini telah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Sejarah singkatnya neh gan, Situs ini dilaporkan pertama kali pada masa pemerintahan Britania Raya, di tanah Jawa pada tahun 1815 oleh Johnson.
Residen Surakarta, Johnson kala itu ditugasi oleh Thomas Stanford Raffles untuk mengumpulkan data-data guna menulis bukunya "The History of Java". Setelah masa pemerintahan Brotania Raya berlalu, tahun 1842, Van der Vils, seorang arkeolog belanda melakukan penelitian, dan pemugaran pertama dimulai pada tahun 1928.

Untuk lokasi nya, Candi Sukuh ini terletak di lereng kaki gunung Lawu pada ketinggian kurang lebih 1.186 meter diatas permukaan laut, berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Karanganyar dan 36 kilometer dari kota Surakarta.

Ceritone engko meneh ae, iki tak jedulne poto2 ne disik..



















2 comments :

Zero Seven said...

mangtaff
ane dapatt pertamaxx

Adhieswand said...

wuih.. dah pernah kesini belom gan..