Thursday, August 27, 2009

Taksi Tanpa Supir Beroperasi Di Bandara Heathrow


Bandara Udara Heathrow di London telah menjadi yang pertama untuk menggunakan sebuah sistem pengangkutan secara otomatis. Sistem tersebut menggunakan 18 kendaraan shuttle Personal Rapid Transport (PRT) yang berjalan tanpa pengemudi, seperti sebuah taksi tanpa supir.

Kendaraan PRT tersebut bisa mengangkut 4 penumpang dan mengantarkan mereka dari Terminal 5 ke salah satu tempat parkir di dalam bandara. Cara menggunakannya cukup mudah. Penumpang cukup meletakkan barang – barang mereka, menekan tujuan mereka pada touchscreen yang tersedia, dan duduk santai selama kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan 41 km/jam untuk mengantarkan mereka ke tujuan.

Kendaraan PRT tanpa pengemudi tersebut bergerak menggunakan baterai dan dirancang oleh Mark Lowson, salah satu orang yang membuat Roket Saturn , roket yang meluncurkan misi – misi Apolo.

Menurut Daily Mirror, Biaya yang dikeluarkan oleh pihak bandara untuk sistem ini adalah 25 juta poundsterling, termasuk untuk jalanan khusus yang dibuat untuk jalur kendaraan – kendaraan PRT tersebut.

Jika ujicoba sistem ini berjalan lancar, pihak Bandara berencana untuk mengembangkannya sehingga bisa mengantarkan penumpang dari terminal ke hotel atau sebaliknya. Dana yang disediakan pihak Bandara untuk pengembangan tersebut mencapai 200 juta poundsterling.
(spaceku)

No comments :