Tuesday, June 15, 2010

Moldmaker

Moulding atau molding adalah sebuah alat manufaktur dengan menggukanan bahan yang rigid atau kaku. Moulding terdapat lubang yang akan diisi dengan cairan plastic, gelas, logam ataupun keramik. ada berbagai macam moulding dalam dunia industri saat ini, diantaranya; injeksi molding, sintering molding, akstruksi molding, blow molding, rotation molding, thermoforming, laminating dan banyak lagi lainnya.

Dilingkungan kampus saat ini banyak penelitian yang memerlukan adanya moulding sebagai alat untuk membuat sebuah benda uji lanjut sebuah bahan. Komposit, sebuah campuran dua bahan atau lebih sehingga menghasilkan struktur baru untuk meningkatkan kualitas bahan dasarnya. Para pakar ilmu, praktisi dan mahasiswa pun berlomba-lomba meneliti bahan komposit baru yang lebih ramah lingkungan dan dan mampu menggantikan bahan- bahan sintetis dan kualitasnya yang lebih bersaing.

Aplikasi dari komposit banyak digunakan pada industri-industri pesawat terbang, otomotif, peralatan elektronik, bahwkan peralatan rumah tangga..

Di kampus kami mahasiswa moncoba meneliti berbagai bahan yang mungkin bisa digunakan sebagai komposit, seperti: koran, serat tebu, rasis, bulu ayam, bulu bebek, dan menggunakan bahan tambah resin serta katalis sebagai media perekatnya,

No comments :